Sabtu, 23 November 2013

Hai guys~ kembali dengan saya dengan postingan kedua. Kali ini saya ingin berbagi tentang makanan khas Jerman

1. Pretzel
Populer di Jerman, populer juga di Jakarta. Di beberapa pusat perbelanjaan, kedai roti Pretzel juga banyak dijumpai. Tak jauh beda dengan asalnya, Pretzel yang dijajakan juga hadir dengan aneka rasa dan bentuk, tak hanya seperti pita.

Untuk resep tradisional, Pretzel terbuat dari tepung gandum, malt, garam, ragi dan air. Tekstur asli roti ini adalah keras, namun untuk menyesuaikan selera banyak toko yang menggunakan pelembut atau pelunak tekstur.

Roti yang bernama Natronlauge (Jerman) itu juga memiliki taburan unik dan menjadi ciri khas. Seperti taburan garam kasar, biji wijen, biji bungan matahari atau biji poppy, di negara asalnya taburan ini menjadi simbol permanen.

2. Bratwurst
Bratwurst adalah sosis khas Jerman yang terbuat dari daging sapi atau daging babi. Bratwurst berasal dari bahasa Jerman “brat” yang berarti daging cincang dan “wurst” yang artinya sosis. Namun, ada pula yang mengatakan bahw “brat” berarti anything browned in a frying pan. So Bratwurst= sausage browned in a pan :D Bratwurst biasanya dimasak dengan cara dipanggang, digoreng, atau diolah dengan kaldu atau bir. Bumbu yang digunakan adalah kapulaga, pala, merica, jahe, dan bahan-bahan lainnya.                                                            
Di Jerman, Bratwurst disajikan dengan spicy mustard, dan sauerkaut (sejenis kol), atau potato salad. Bersama bir, Bratwurst menjadi menu makan siang. Sementara itu, di luar Jerman, Bratwurst biasa disajikan dengan roti. Terkadang ditambahkan topping keju dan bawang. Beberapa daerah di Jerman memiliki resep unik tersendiri, sehingga sulit digeneralisasikan. Ukurannya bervariasi dari yang kecil hingga jumbo, dan bisa berwarna putih atau cokelat gelap, biasanya ada bintik-bintik gelap dari rempah-rempah. Seperti daging segar lain, Bratwurst harus dimasukkan dalam kulkas sebelum digunakan, dan wajib dimasak matang. Saat memasak, Bratwurst harus ditusuk dulu dengan garpu agar tidak meledak karena tekanan dalam panci.

3. Cemilan Khas Jerman


Makanan Khas Jerman
Orang Jerman biasanya makan makanan utama saat makan siang dengan daging sapi muda,daging babi,daging sapi,atau daging ayam dengan sayur-sayuran seperti bit gula,wortel,kentang,bawang dan lobak. Sarapan biasanya terdiri dari roll dan selai dengan minuman kopi dan susu. Makan malam biasanya menyajikan masakan ringan seperti roti,keju, dan sosis dengan minuman bir atau anggur dan bir Jerman dikenal dengan berkualitan tinggi.

4. Masakan Hari Natal
Terdapat banyak sajian hidangan istimewa yang dimasak pada hari Natal di jerman, salah satunya adalah angsa panggang (Weihnachtsgans). Angsa ini di dalamnya dimasukkan campuran buah apel dan persik dengan pangsit kentang,kol merah,dan saus anggur. Selain itu, meja prasmanan selalu disediakan dengan berbagai jenis sosis. Jenis kue yang digemari adalah kue-kue panggang dan stollen.

5. Minuman Khas Jerman

Jerman memproduksi bir (Bier) yang bervariasi dan kualitasnya bermutu. Berbagai daerah meniliki tradisi memproduksi bir khas, terutama negara bagian Bayern yang memiliki pabrik bir (brauerei) tertua di dunia Kawasan Berlin,Hamburg,Ruhr,Hesse, dan Stuttgart menghasilkan jenis bir yang terpopuler yakni Pils.

Oiya tadi itu postingan kedua tentang makanan dan minuman khas Jerman guys~ gimana? unik kaaaann...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
blogger template by arcane palette